Lanal Lhokseumawe Temukan 23,98 kg Sabu di Pantai Seunuddon

Aradio – Pasukan TNI dari Angkatan Laut yang bermarkas di Lanal Lhokseumawe berhasil menangkap 22 bungkus atau 23,98 kilo sabu-sabu di Pantai Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, pada Selasa (13/9). Namun, pemilik narkotika jenis sabu-sabu tersebut itu tidak ditemukan, hanya barang bukti yang berhasil diamankan.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo dalam konferensi pers dengan awak media di Mako Lanal Lhokseumawe, Jln. KKA Gampong Paloh Igeuh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara. Kamis (15/9) menyampaikan, awalnya mendapatkan informasi dari intelijen terkait dugaan penyelundupan narkotika lewat laut di wilayah Aceh Utara.

“Mendapatkan informasi itu, Lanal Lhokseumawe langsung melakukan penyelidikan dan pengembangan, sehingga Tim Intel Lanal Lhokseumawe mendapatkan informasi tentang area tempat penyembunyian barang bukti narkoba di Gampong Lhok Puuk Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara,”ungkap Danlantamal I.

Ia mengatakan, Lanal Lhokseumawe dengan menggunakan Sea Hunter bergerak menuju Gampong Lhok Puuk Kecamatan Seunuddon untuk melaksanakan penyisiran dan pengamanan. Dalam penyisiran tersebut Lanal Lhokseumawe berhasil menemukan 1 karung berwarna putih yang diduga berisi narkoba jenis sabu-sabu, kemudian dilaksanakan pengecekan dan penghitungan yang menghadirkan Keuchik serta panglima laot sebagai saksi bersama dengan Danlanal Lhokseumawe. Setelah dilaksanakan pengecekan dan di timbang untuk berat total barang bukti Narkotika jenis sabu keseluruhan 23,98 kg.

Atas keberhasilan ini TNI Angkatan Laut berkomitmen akan senantiasa mendukung penuh pemerintah dalam upaya memerangi narkoba dan memberantas peredaran narkoba (war on drugs).

Disebutkan, kegiatan penemuan barang bukti berupa narkoba melalui jalur laut merupakan arahan dan instruksi langsung dari bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dan Panglima Koarmada I. Sebagai bentuk keseriusan TNI Aangkatan Laut sebagai penegak Hukum di Laut yang sangat konsen dalam rangka pemberantasan peredaran narkoba melalui laut di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Khususnya, wilayah kerja Lanal Lhokseumawe yang merupakan jajaran Lantamal I Belawan.

“Perintah Pimpinan Komando atas agar Barang bukti Narkotika jenis sabu ini segera dimusnahkan, dikarenakan tidak ada tersangka, sehingga hari ini kita langsung musnahkan,” kata Danlantamal I.

Menurut dia, hal tersebut selaras dengan Perintah Harian dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yang salah satunya “Jaga kepercayaan Negara dan Rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi Institusi, Masyarakat, Bangsa dan Negara”.

Sementara itu dalam Press Conference dan pemusnahan barang bukti, langsung dihadiri Danlanal Lhokseumawe Kolonel Mar Dian Suryansyah, S.E., M. Tr.Hanla., M.M., Asintel Danlantamal I Belawan Letkol Laut (P) Dafris, Bupati Aceh Utara diwakili oleh Asisten III Drs. Adamy, M.Pd., Palaksa Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (KH) Irfan Hasibuan, Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal, S.I.K., M.M., Kajari Aceh Utara diwakili oleh Kasi BB (Barang Bukti) dan BR (Barang Rampasan) Muliadi SH., MH., Kepala BNNK Lhokseumawe Saiful Fadhli S.STP., M.Si, Kasi Pemberantasan BNNK Lhokseumawe, AKP M.Nasir, SH.,M.S.M dan penyidik BNNK Lhokseumawe Aipda Munandar,SH.,MH (aradio/asp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.